PEMERINTAH
PROVINSI PAPUA
DINAS
PENDIDIKAN, PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH
SMK NEGERI 2
KEEROM
(KELOMPOK TEKNOLOGI DAN PERTANIAN)
Jl.
Trans Irian Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Kode Pos 99368
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 2 Keerom
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Perubahan Materi dan Pemisahan
Campuran
Alokasi Waktu : 6 X 45 menit ( 2 x
Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI
1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan,menganalisis,
dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Dasar
Bidang Agribisnis dan Agroteknologi pada tingkat teknis, spesifik, detail,
dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi dan prosedur kerja dan prosedur kerja yang lazim
digunakan serta memecahkan masalah dengan lingkup Dasar Bidang Agribisnis
dan Agroteknologi. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan
solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dariyang dipelajarinya
di sekolah serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis perubahan
materi dan pemisahan campuran
4 .1 Melakukan pemisahan campuran melalui
berbagai eksperimen
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
Ø Indikator pertemuan
1
3.1.1 Menuliskan pengertian materi.
3.1.2 Membedakan sifat-sifat materi (Sifat fisika dan kimia)
3.1.3 Mengamati contoh-contoh materi yang ada di lingkungan
3.1.4
Membedakan
perubahan materi (Perubahan fisika dan kimia)
Ø Indikator pertemuan 2
3.1.5
Memahami tentang
klasifikasi materi
3.1.6
Membedakan beberapa
jenis campuran
Ø Indikator pertemuan 3
4.1.1
Menentukan
perbedaan beberapa jenis campuran
4.1.2
Melaporkan
perbedaan beberapa jenis campuran
D. Tujuan
Pembelajaran.
Melalui diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat :
Ø Pertemuan 1
1. Menuliskan pengertian materi dengan penuh rasa ingin tahu.
2. Membedakan sifat-sifat materi dengan penuh rasa ingin tahu.
3. Mengamati contoh-contoh materi yang ada di lingkungan dengan penuh rasa ingin tahu
4. Membedakan perubahan materi (Perubahan fisika dan kimia) dengan penuh rasa ingin tahu
Ø Pertemuan 2
1.
Memahami tentang
klasifikasi materi dengan penuh rasa ingin tahu
2.
Membedakan
unsur, senyawa dan campuran dengan penuh rasa ingin tahu
Ø Pertemuan 3
1.
Menentukan
perbedaan beberapa jenis campuran secara mandiri
2.
Melaporkan
perbedaan beberapa jenis campuran dengan penuh tanggung jawab.
E.
Materi
Pembelajaran
Perubahan materi dan
pemisahan campuran
·
Materi dan energi
·
Sifat materi
·
Perubahan materi
·
Penggolongan materi
·
Pemisahan campuran
F.
Pendekatan,
Model, dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Problem based learning
3. Metode : ceramah, Diskusi, tanya jawab,
pemberian tugas
G. Media, Alat dan
Bahan Pembelajaran
1.
Media : Papan
tulis
2.
Alat dan bahan : Spidol,
Penghapus, Tinta spidol
H. Sumber Belajar
o
Djony P,
Suswanto dan Siti Naqiyah. 2019. KIMIA untuk SMK/MAK Kelas X Bidang Keahlian
Agribisnis dan Agroteknologi. Erlangga. Jakarta
o
Sumber belajar
lainnya
I. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi waktu |
PENDAHULUAN |
ORIENTASI
: 1. Guru masuk kelas tepat waktu 2. Salam pembuka 3. Guru mengajak siswa
untuk berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran
4. Guru
mengajak siswa untuk mengecek kebersihan lingkungan kelas dan mempersilakan
siswa untuk membuang sampah pada tempatnya 5. Guru memeriksa
kehadiran peserta didik (mengabsen peserta didik) sebagai sikap disiplin
peserta didik APERSEPSI : 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dan materi/tema/kegiatan sebelumnya 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran
yang akan dilakukan dan memberikan pre tes MOTIVASI
: 1. Peserta didik menerima
informasi dengan proaktif tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 2. Peserta didik menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan. |
15 menit |
KEGIATAN INITI |
Pemberian rangsangan (stimulus) 1.
guru
menyajikan masalah tentang materi dan perubahannya 2.
peserta
didik diminta untuk membaca (mengamati) materi tentang materi dan energi, sifat-sifat
materi serta perubahan materi dengan teliti dan tekun serta penuh rasa ingin tahu 3.
Guru menjelaskan materi
pembelajaran tentang materi dan energi, sifat-sifat materi, serta perubahan
materi 4.
Siswa
memperhatikan dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan guru 5.
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi dan energi,
sifat-sifat materi, serta perubahan materi 6.
Guru memberikan tugas untuk
mengamati contoh-contoh materi di lingkungan sekitar Identifikasi masalah 1.
guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya tentang materi dan energi serta sifat-sifat materi. 7.
peseta didik bertanya tentang materi
dan energi, sifat-sifat materi, serta perubahan materi Pengumpulan data 1. Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab
pertanyaan atau memberikan tanggapan atas pertanyaan atau jawaban teman 2. Siswa mengamati keadaan lingkungan sekitar untuk
mengetahui contoh-contoh materi yang ada di lingkungan sekitar Pembuktian 1. Guru
memberikan penguatan terhadap jawaban/tanggapan siswa (meluruskan konsep yang
salah) Menarik kesimpulan 1. Siswa
membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru tentang materi dan energi serta sifat-sifat materi. |
60 menit |
PENUTUP |
1.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan 2.
Guru
menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya. 3.
Guru
memberi tugas 4.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 5.
Salam
penutup |
15 menit |
Pertemuan
2
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi waktu |
PENDAHULUAN |
ORIENTASI
: 1. Guru masuk kelas tepat waktu 2. Salam pembuka 3. Guru mengajak siswa
untuk berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran
4. Guru
mengajak siswa untuk memeriksa kebersihan lingkungan kelas dan mempersilakan
siswa untuk membuang sampah pada tempatnya 5. Guru memeriksa
kehadiran peserta didik (mengabsen peserta didik) sebagai sikap disiplin
peserta didik APERSEPSI : 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dan materi/tema/kegiatan sebelumnya 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran
yang akan dilakukan dan memberikan pre tes MOTIVASI
: 1. Peserta didik menerima
informasi dengan proaktif tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 2. Peserta didik menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan. |
15 menit |
KEGIATAN INITI |
Pemberian rangsangan (stimulus) 1.
guru
menyajikan masalah tentang klasifikasi materi yang terdiri dari unsur,
senyawa dan campuran 2.
peserta
didik diminta untuk membaca (mengamati) materi pembelajaran tentang klasifikasi
materi dengan teliti dan tekun serta
penuh rasa ingin tahu 3.
Guru menjelaskan materi
pembelajaran tentang klasifikasi
materi. 4.
Siswa
memperhatikan dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan guru 5.
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa klasifikasi materi Identifikasi masalah 1.
guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya tentang klasifikasi
materi 2.
peseta didik bertanya tentang klasifikasi materi. Pengumpulan data 1.
Siswa lain
diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan atau memberikan tanggapan atas
pertanyaan atau jawaban teman Pembuktian 1. Guru
memberikan penguatan terhadap jawaban/tanggapan siswa (meluruskan konsep yang
salah) Menarik
kesimpulan 1. Siswa
membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru tentang perubahan materi. |
60 menit |
PENUTUP |
1.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan 2.
Guru
menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya. 3.
Guru
memberi tugas 4.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 5.
Salam
penutup |
15 menit |
Pertemuan
3
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi waktu |
PENDAHULUAN |
ORIENTASI
: 1. Guru masuk kelas tepat waktu 2. Salam pembuka 3. Guru mengajak siswa
untuk berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran
4. Guru
mengajak siswa untuk memeriksa kebersihan lingkungan kelas dan mempersilakan
siswa untuk membuang sampah pada tempatnya 5. Guru memeriksa
kehadiran peserta didik (mengabsen peserta didik) sebagai sikap disiplin
peserta didik APERSEPSI : 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dan materi/tema/kegiatan sebelumnya 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran
yang akan dilakukan dan memberikan pre tes MOTIVASI
: 1. Peserta didik menerima
informasi dengan proaktif tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 2. Peserta didik menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan. 3. Peserta didik membentuk
kelompok diskusi dengan bimbingan guru 4. Peserta didik
bekelompok sesuai dengan kelompoknya masing-masing dengan jujur. |
15 menit |
KEGIATAN INITI |
Pemberian rangsangan (stimulus) 1.
guru
menyajikan masalah tentang campuran 2.
peserta
didik diminta untuk membaca (mengamati) materi tentang campuran dengan teliti
dan tekun serta penuh rasa ingin
tahu 3.
peserta
didik membaca buku untuk mengetahui cara membedakan beberapa jenis
campuran dengan teliti dan tekun
serta penuh rasa ingin tahu 4.
Guru memfasilitasi peserta didik
untuk dapat membedakan beberapa jenis
campuran 5.
peseta didik bertanya jawab dengan
proaktif tentang cara membedakan beberapa jenis campuran dengan teliti dan tekun serta
penuh rasa ingin tahu Identifikasi masalah 1.
guru membimbing peserta didik
mengumpulkan data dan informasi pengetahuan, konsep, teori melalui diskusi
untuk menentukan perbedaan beberapa jenis campuran 2.
peserta didik melakukan
pengumpulan data dan informasi (pengetahuan konsep dan teori) melalui diskusi
untuk menentukan perbedaan campuran secara kolaboratif Pengumpulan data 1.
guru membimbing peserta didik
untuk menentukan penyelesaian masalah dari berbagai alternatif tentang cara
menentukan perbedaan campuran 2.
peserta didik menyusun laporan
hasil penyelesaian masalah tentang cara menentukan perbedaan campuran dengan
rasa tanggung jawab 3.
guru memfasilitasi peserta didik
untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah
dalam menentukan perbedaan campuran 4.
peserta didik melakukan refleksi/
evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah dalam menentukan perbedaan
campuran 5.
peserta didik menyampaikan laporan
tentang hasil diskusi tentang cara membedakan campuran Pembuktian 1. Guru menugaskan peserta didik untuk
memeriksa hasil laporannya dan menyesuaikan dengan materi ajar 2.
peserta didik memperbaiki hasil laporannya
berdasarkan masukan tanggapan
yang diberikan oleh guru Menarik kesimpulan 1. Peserta didik berdiskusi untuk menarik
kesimpulan/generalisasi tentang perbedaan beberapa
jenis campuran 2. Peserta didik menyampaikan hasil kesimpulan
kelompok di depan kelas (mengomunikasikan) 3. Peserta didik lain memberikan tanggapan
terhadap penyampaan hasil kesimpulan kelompok 2. Peserta didik memperbaiki hasil kerjanya
berdasarkan tanggapan yang diberikan |
60 menit |
PENUTUP |
1.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan 2.
Guru
menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya. 3.
Guru
memberi tugas 4.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 5.
Salam
penutup |
15 menit |
J. Penilaian
Pembelajaran
1.
Instrumen dan
teknik penilaian
a.
Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Penilaian |
Instrumen |
Menulis pengertian materi |
Tes tertulis |
uraian |
Tulislah
pengertian materi! |
Membedakan sifat-sifat materi |
Tes tertulis |
uraian |
Jelaskan
perbedaan sifat-sifat materi berdasarkan sifat fisika dan kimia! |
Mengamati contoh-contoh materi |
Penugasan |
uraian |
Tulislah
10 contoh materi dalam kehidupan sehari-hari! |
Membedakan perubahan materi |
Tes tertulis |
Uraian |
Tentukan
perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia! |
Memahami klasifikasi/penggolongan materi |
Ter tertulis |
Uraian |
Golongkan
materi berikut apakah termasuk campuran, unsure atau senyawa! a. Air b. Udara c. Besi d. Bensin murni e. Tanah f. Gula g. Cuka h. Perunggu |
Membedakan beberapa jenis campuran |
Tes tertulis |
Uraian |
Tentukan
perbedaan beberapa jenis campuran (larutan, suspense dan koloid) |
b. Penilaian Keterampilan
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Penilaian |
Instrumen |
Menentukan perbedaan
campuran |
Tes tertulis |
Uraian |
Tentukan perbedaan beberapa jenis campuran |
Melaporkan
perbedaan campuran |
Lisan |
Praktik |
Sampaikan isi teks laporan hasil diskusi berkaitan dengan materi diskusi |
2.
Analisis Hasil
Penilaian
a.
Analisis
pengetahuan
No |
Penilaian tugas |
Nilai |
1. |
Tulislah pengertian materi ! Menjawab dengan benar dan lengkap Menjawab kurang
lengkap Tidak ada jawaban |
10 5 0 |
2. |
Jelaskan perbedaan sifat-sifat materi berdasarkan sifat fisika dan
kimia! Menjawab 2 perbedaan dengan benar dan lengkap Menjawab 2 perbedaan dengan kurang lengkap Tidak ada jawaban |
10 5 0 |
3. |
Tulislah 10 contoh materi dalam kehidupan sehari-hari! Menuliskan 10 contoh dengan benar Menuliskan 5 contoh dengan benar Tidak ada jawaban |
10 5 0 |
4. |
Tentukan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia! Menuliskan
2 perbedaan dengan benar Menuliskan
1 perubahan dengan benar Tidak ada jawaban |
10 5 0 |
5. |
Golongkan materi berikut apakah termasuk campuran, unsure atau
senyawa! a. Air e. Tanah b. Udara f. Gula c. Besi g. Cuka d. Bensin murni h. Perunggu Menggolongkan 3 jenis materi dengan benar Menggolongkan 2 jenis materi dengan benar Menggolongkan 1 jenis materi dengan benar Tidak ada jawaban |
10 7 4 0 |
6. |
Golongkan beberapa contoh campuran ke dalam larutan, suspense dan
koloid Menggolongkan
lebih dari 3 contoh campuran dengan benar Menggolongkan
lebih dari 2 contoh campuran dengan benar Menggolongkan
lebih dari 1 contoh campuran dengan benar Tidak ada jawaban |
10 5 3 0 |
JUMLAH
SKOR |
60 |
|
SKOR
MAKSIMAL |
60 |
PENILAIAN :
NILAI = jumlah skor nilai pengetahuan
=
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
= 60
Nilai =
JADI NILAINYA = 100
b.
Analisis
Keterampilan
No |
Penilaian tugas |
Nilai |
1. |
Menentukan
perbedaan campuran Perbedaan sesuai Perbedaan kurang sesuai Perbedaan
tidak sesuai Tidak menentukan perbedaan |
20 10 5 0 |
2. |
Melaporkan
perbedaan campuran penyampaian
tepat penyampaian
kurang tepat penyampaian
tidak tepat tidak
menyampaikan |
20 10 5 0 |
JUMLAH SKOR |
40 |
|
SKOR MAKSIMAL |
40 |
Senggi, Juli 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Rikardus Nelson Wisang, S.Fil Habidah, S.Pd.
NIP. 19790614
200801 1 017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar