Rabu, 27 Oktober 2021

SILABUS KIMIA K13 AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI

 

 

 

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA

(DASAR BIDANG KEAHLIAN AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI)

 

Satuan Pendidikan        : SMK NGERI 2 KEEROM

Kelas                              : X

Kompetensi Inti              :

KI 1

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3

:

Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Dasar Bidang Agribisnis dan Agroteknologi pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional dan internasional.

KI 4

:

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi dan prosedur kerja dan prosedur kerja yang lazim digunakan serta memecahkan masalah dengan lingkup Dasar Bidang Agribisnis dan Agroteknologi. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dariyang dipelajarinya di sekolah serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1  Bertambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas interaksi senyawa kimia di alam jagad raya sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME

1.2   Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME

 

 

 

 

 

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; bekerja sama; proaktif; kreatif; inovatif) dan menghargai kerja individu/kelompok dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap pada kegiatan ekplorasi/eksperimen

2.2   Menunjukkan sikap kritis; teliti; cermat dan konsisten dalam menyajikan dan menafsirkan data

2.3   Menunjukkan sikap peduli dalam menjaga lingkungan (laboratorium dan lingkungan sekitar) dan hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam

 

 

 

 

 

3.1   Menganalisis perubahan materi dan pemisahan campuran

4.1   Melakukan pemisahan campuran melalui berbagai eksperimen

Perubahan materi dan pemisahan campuran :

·   Pengertian materi

·   Wujud materi

·   Sifat materi

·   Perubahan materi

·   Klasifikasi materi

·   Pemisahan campuran

Mengamati

·  Mengamati contoh-contoh materi dan energi yang ada di lingkungan,

·  Mengamati sifat dan perubahan-perubahan yang terjadi pada materi secara nyata.

·  Mengkaji berbagai informasi tentang materi,  dan perubahannya melalui berbagai sumber.

 

Menanya

·     Siswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaan dari hasil pengamatan dan pengkajian informasi tentang materi dan energi, sifat-sifat materi, dan perubahan materi

·     Diskusi kelompok tentang materi dan energi,  sifat-sifat materi, dan perubahan materi

·     Diskusi kelompok tentang cara memisahkan campuran

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

·  Eksplorasi pemecahan masalahyang  terkait dengan penerapan klasifikasi materi dari sifat dan perubahannya.

 

·  Eksperimen untuk menguji terjadinya reaksi kimia berdasarkan ciri-cirinya.

 

 

Mengasosiasi

·   Mengumpulkan data dan menyimpulkan hasil pengamatan/diskusi kelompok tentang sifat materi, perubahan materi, dan pemisahan campuran

·   Membedakan/mengklasifikasikan materi berdasarkan wujud dan sifatnya

·   Berlatih membuat klasifikasi materi berdasarkan sifat dan perubahannya

 

Mengkomunikasikan

Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatan/diskusi kelompok.

Tugas

·   Menyelesaikan masalah antara lain tentang klasifikasi materi berdasarkan sifat materi dan perubahannya

 

Observasi

·  Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok dan eksperimen

 

Portofolio

·  Bahan presentasi kelompok

·  Alat dan bahan eksperimen

 

Tes

·  Tes tertulis dalam bentuk uraian dan pilihan ganda

6JP

·    Buku teks pelajaran yang relevan

·    Sumber belajar lain yang relevan

3.2   Menganalisis lambang unsur, rumus kimia dan persamaan reaksi

4.2  Mengintegrasikan penulisan lambang unsur dan rumus kimia dengan persamaan reaksi kimia berdasarkan kasus-kasus dalam kehidupan sehari-hari  

lambang unsur, rumus kimia, Tata nama, dan Persamaan Reaksi :

·   lambang unsur

·   Rumus kimia

·   Tata nama senyawa

·   Persamaan reaksi

Mengamati

·     Mengkaji berbagai informasi tentang lambang unsur, pengertian atom, ion dan molekul, pengelompokan senyawa berdasarkan jumlah unsur,cara-cara menuliskan senyawa kimia dengan menggunakan lambang unsur,rumus kimia, cara penulisan persamaan reaksi, serta menuliskan nama-nama senyawa sederhana

Menanya

·     Siswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaanyang berhubungan dengan lambang unsur, rumus kimia, reaksi kimia, persamaan reaksi dan tata nama senyawa.

·     Diskusi kelompok tentang lambang unsur, pengertian atom/molekul, atau cara-cara menuliskan senyawa kimia dengan menggunakan lambang unsur,rumus kimia.

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

·     Eksplorasi pemecahan masalah secara individu/diskusi kelompok yang terkait dengan penerapan reaksi kimia dan persamaan reaksi

 

Mengasosiasi

·     Mengelompokan senyawa molekul, senyawa ion dan senyawa unsur

·     Berlatih membuat persamaan reaksi

·     Berlatih menuliskan berbagai contoh lambang unsur, rumus kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi

 

Mengkomunikasikan

·      Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatan/diskusi tentang berbagai reaksi kimia dan persamaan reaksi.

Tugas

·   Menyelesaikan reaksi kimia dari beberapa contoh lambang unsur dan rumus kimia

·   Menyelesaikan penyetaraan persamaan reaksi

 

 

 

Observasi

·      Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

 

Portofolio

·       Bahan presentasi kelompok

 

Tes

·      Tes tertulis bentuk uraian dan pilihan ganda

4 JP

·    Buku teks pelajaran yang relevan

·    Sumber belajar lain yang relevan

3.3   Menganalisis struktur atom dan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik serta hubungannya dengan ikatan kimia

4.3  Mengintegrasikan proses pembentukan ikatan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan elektron valensi atom-atom penyusunnya  

Struktur atom, sistem periodik dan ikatan kimia:

·   Struktur atom

·   Sistem periodik unsur

·   Sifat-sifat periodik unsur

·   Ikatan kimia

·   Ikatan ion

·   Ikatan kovalen

·   Ikatan kovalen koordinasi

·   Ikatan logam

Mengamati

·     Mengamati secara nyata tentang atom dan struktur atom, sifat-sifat unsur, partikel penyusun atom, simbol atom, isotop dan konfigurasi elektron, proses ionisasi dan afinitas elektron,

·     Mengkaji berbagai informasi tentang perkembangan teori atom,pengertian struktur atom, sifat-sifat unsur dalam sistem periodik, partikel penyusun atom, cara-cara menuliskan simbol atom, isotop dan konfigurasi elektron, perkembangan pengelompokan unsur, pengertian ionisasi dan afinitas elektron, kecendrungan kemiripan sifat keperiodikan unsur (dalam tabel periodik) dan hubungannya dengan ikatan kimia.

Menanya

·     Siswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaan dari hasil pengamatan/ pengkajian yang berhubungan dengan struktur atom, dan sifat-sifat unsur dalam  sistem periodik, komposisi atom dan ion, konfigurasi elektron serta ikatan kimia

·     Diskusi secara kelompok yang berhubungan dengan struktur atom, dan sifat-sifat unsur dalam  sistem periodik

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

·      Menganalisis sistem periodik untuk menentukan letak unsur dalam sistem periodik melalui konfigurasi elektron.

·      Eksplorasi pemecahan masalah terkait dengan struktur atom dan sifat-sifat unsur serta penulisan konfigurasi elektron.

·      Menganalisis proses pembentukan ikatan kimia pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari-hari

 

Mengasosiasi

·     Menganalisis perkembangan teori atom dengan menggunakan gambar-gambar perkembangan model atom.

·     Berlatih menuliskan simbol atom, isotop dan konfigurasi elektron

·     Menggambar proses pembentukan ikatan kimia

 

Mengkomunikasikan

·     Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan/menyajikan hasil analisis dan eksplorasi pemecahan masalah

 

Tugas

·       Menyelesaikan masalah struktur atom dan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik

·       Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi beberapa unsur

·       menyelesaikan proses pembentukan ikatan kimia

 

Observasi

·  Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

 

Portofolio

·  Bahan presentasi kelompok

 

Tes

·  Tes tertulis bentuk uraian dan pilihan ganda

10 JP

·    Buku teks pelajaran yang relevan

·    Sumber belajar lain yang relevan

3.4   Menerapkan hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia (stoikimometri)

4.4   Menggunakan hukum-hukum dasar kimia untuk perhitungan kimia

Hukum dasar kimia:

·      Hukum-hukum dasar kimia

·      Perhitungan kimia (stoikiometri)

·      Hitungan kimia

Mengamati

·     Mengamati/mengkaji berbagai informasi tentang hukum-hukum dasar kimia (antara lain hukum Gay Lussac, Hukum Boyle, hukum avogadro), konsep mol (pengertian Ar dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa serta cara menghitung Mr dari contoh senyawa yang diberikan)  dalam perhitungan kimia (stoikiometri).

 

Menanya

·     Siswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan hukum-hukum dasar kimia , konsep mol dan perhitungan kimia.

·     Diskusi kelompok tentang kaitan antara hukum-hukum dasar kimia dan konsep mol dengan perhitungan kimia.

 

 

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

·  Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikan konsep mol dan hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia secara berkelompok

·  Eksplorasi pemecahan masalah terkait penerapan konsep mol dan hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia

 

Mengasosiasi

·     Berlatih menghitung Mr dari contoh senyawa yang diberikan

·     Menganalogkan jumlah zat berdasarkan satuannya

·     Mendiskripsikan pengertian mol sebagai satuan jumlah zat

·     Berlatih menghitung volume gas yang bereaksi atau volume gas hasil reaksi berdasarkan hukum Gay lussac

·     Mengkorelasikan hubungan antara volume gas dengan jumlah partikelnya pada keadaan yang sama

·     Berlatih menurunkan persamaan gas ideal

·     Berlatih menentukan tekanan volume dan temperatur suatu gas berdasarkan persamaan gas ideal

·     Berlatih menentukan volume atau jumlah reaktan dan produk dari suatu reaksi dengan menerapkan persamaan reaksi, konsep mol, dan hukum-hukum dasar kimia.

 

Mengkomunikasikan

·     Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pembuktian konsep mol dan hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan/praktek

 

Tugas

·      Menyelesaikan masalah melalui percobaan/praktek pembuktian hukum-hukum dasar kimia, konsep mol serta penerapannya dalam perhitungan kimia

 

Observasi

·       Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

 

Portofolio

·      Bahan presentasi kelompok

 

 

Tes

·       Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda

8 JP

·    Buku teks pelajaran yang relevan

·    Sumber belajar lain yang relevan

3.5   Menganalisis konsep pembuatan larutan dan sifat-sifatnya

4.5   Membuat larutan dengan konsentrasi dan volume tertentu

 

 

Larutan dan sifat-sifatnya:

·     Pengertian larutan

·     Konsentrasi larutan

·     Sifat-sifat larutan

·     Teori asam dan basa

·     Sifat-sifat larutan asam dan basa

·     Kekuatan asam dan basa

·     Derajat keasaman larutan

·     Perhitungan pH larutan asam dan basa

·     Manfaat asam dan basa

Mengamati

·       Mengamati berbagai jenis larutan

·       Mengkaji berbagai informasi tentang berbagai jenis larutan, sifat koligatif larutan, asam-basa, hidrolisis garam, kelarutan dan hasil kali kelarutan(Ksp)

 

Menanya

§  Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaantentang komponen larutan dari macam-macam larutan yang diamati

§  Diskusi kelompok tentang klasifikasi asam dan basa berdasarkan sifat ionisasinya

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

§ Melakukan percobaan identifikasi larutan asam-basa dengan menggunakan indikator (contoh: kertas lakmus, indikator universal, pH meter)

§ Melakukan percobaan untuk membuat larutan penyangga (jenis larutan penyangga yang dibuat dapat  disesuaikan dengan kebutuhan Program Keahlian masing-masing)

§ Melakukan percobaan untuk menentukan hasil kali kelarutan serta memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp)

§ Melakukan percobaan pembuatan larutan dengan satuan konsentrasi tertentu (jenis larutan yang dibuat dapat  disesuaikan dengan kebutuhan Program Keahlian masing-masing)

 

Mengasosiasi

·   Mengolah data hasil percobaan pada penentuan  hasil kali kelarutan

·   Mengevaluasi hasil percobaan

·   Membuat kesimpulan hasil percobaan

 

 

 

Mengkomunikasikan

Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil percobaan

 

Tugas

·     Menyelesaikan soal-soal hasil kali kelarutan (Ksp)

·     Menyelesaikan soal-soal pembuatan larutan dengan berbagai konsentrasi

 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

 

Portofolio

·     Laporan tertulis hasil percobaan

·     Bahan presentasi kelompok

 

Tes

Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda

6 JP

· Buku teks pelajaran yang relevan

· Sumber belajar lain yang relevan

3.6   Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

4.6   Memecahkan masalah reaksi Oksidasi-reduksi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

Reaksi redoks (Reduksi-Oksidasi):

·      Reduksi dan Oksidasi (Redoks)

·      Sel lektrokimia

·      korosi

Mengamati

·     Mengamati secara nyata tentang reaksi kimia, jenis-jenis reaksi(reaksi reduksi, reaksi oksidasi dan bilangan oksidasi)

·     Mengkaji berbagai informasi tentang konsep reaksi kimia, jenis-jenis reaksi(reaksi oksidasi, reaksi reduksi),bilangan oksidasi,penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dalam reaksi reduksi oksidasi, cara-cara penyetaraan persamaan reaksi reduksi oksidasi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari (sel volta dan korosi besi)

 

Menanya

·     Siswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaan tentang reaksi reduksi, reaksi oksidasi serta kaitan antara jenis reaksi yang satu dengan jenis reaksi lainnya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

·     Diskusi kelompok tentang penerapan reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari (sel volta dan korosi besi)

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

·  Merancang dan melakukan percobaan tentang pembuktian reaksi reduksi oksidasi

·  Eksplorasi pemecahan masalah terkait penerapan konsep reaksi kimia pada reaksi reduksi oksidasi.

 

Mengasosiasi

·     Mengelompokan jenis  reaksi reduksi oksidasi

·     Menentukan bilangan oksidasi dalam molekul atau senyawa ion

·     Berlatih menyetarakan persamaan reaksi reduksi oksidasi dengan prinsip pelepasan dan penerimaan elektron atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi

 

Mengkomunikasikan

·     Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan/menyajikan hasil pengamatan, latihan penyetaraan persamaan reaksi reduksi oksidasi/diskusi kelompok tentang reaksi reduksi oksidasi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas

·       Menyelesaikan masalah penerapan konsep reaksi kimia pada reaksi redoks

 

Observasi

·         Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

 

 

Portofolio

·      Bahan presentasi kelompok

 

Tes

·      Tes tertulis bentuk uraian atau pilihan ganda

6 JP

·    Buku teks pelajaran yang relevan

·    Sumber belajar lain yang relevan

3.7   Menganalisis senyawa hidrokarbon dan turunannya beserta kegunaannya dalam proses pengolahan pangan

4.7  Mengintegrasikan senyawa hidrokarbon dan turunannya dalam proses pengolahan pangan

Hidrokarbon dan turunannya:

·      Senyawa karbon

·      Senyawa hidrokarbon

·      Senyawa turunan hidrokarbon

Mengamati

·     Mengamati keunikan senyawa karbon, hidrokarbon dan keisomerannya dengan melakukan demonstrasi

·     Mengkaji berbagai informasi tentang sifat fisis hidrokarbon, serta hidrokarbon dan turunnya dalam kehidupan sehari-hari

 

Menanya

·     Siswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaan dari hasil pengamatan keunikan senyawa karbon, hidrokarbon dan keisomerannya

·     Diskusi secara kelompok dari hasil pengamatan tentang hidrokarbon dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

·      Merancang dan melakukan percobaan menggunakan molymod tentang keunikan senyawa karbon, hidrokarbon dan keisomerannya

·      Eksplorasi pemecahan masalah terkait dampak yang ditimbulkan dari pembakaran bahan bakar fosil

 

 

 

 

Mengasosiasi

·     Mengumpulkan data dan menyimpulkan hasil demonstrasi

·     Mengumpulkan dan menyimpulkan tentang penggunakan hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari serta dampat pembakaran bahan bakar fosil

 

Mengkomunikasikan

·     Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi

 

Tugas

·      Membuat karya ilmiah tentang kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari

 

Observasi

·      Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

 

Portofolio

·     Laporan tertulis hasil pengamatan

·     Bahan presentasi kelompok

 

Tes

·      Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda

8 JP

·    Buku teks pelajaran yang relevan

·    Sumber belajar lain yang relevan

3.8   Menganalisis senyawa makromolekul (karbohidrat, protein, dan lipid) dalam proses pengolahan pangan

4.8  Mengintegrasikan sifat-sifat senyawa makromolekul (karbohidrat, protein, dan lipid) dalam proses pengolahan pangan

Makromolekul:

·           Karbohidrat

·           Protein

·           Lemak

Mengamati

·      Mengamati contoh-contoh makanan dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk ke dalam golongan karbohidrat, protein, dan lemak

·      Mengamati struktur guloksa, fruktosan dan galaktosa

·      Mengkaji berbagai informasi tentang makromolekul

 

Menanya

·      Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang makromolekul yang meliputi karbohidrat, protein dan lemak yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

·      Melakukan percobaan uji protein dan sifat-sifat lemak dalam makanan dan minuman

 

Mengasosiasi

·   Menganalisis keberadaan ikatan peptida protein dalam makanan atau minuman

·   Mengevaluasi hasil percobaan

·   Membuat kesimpulan hasil percobaan

 

Mengkomunikasikan

·      Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan percobaan

 

Tugas

·         Membuat karya ilmiah tentang peranan makromolekul dalam kehidupan sehari-hari

 

Observasi

·         Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

 

Portofolio

·     Laporan tertulis hasil percobaan

·     Bahan presentasi kelompok

 

Tes

§ Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda

6 JP

· Buku teks pelajaran yang relevan

· Sumber belajar lain yang relevan

3.9   Mengevaluasi laju reaksi berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya

4.9   Mengintegrasikan antara laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya

Laju Reaksi Kimia:

·     Prasyarat reaksi kimia

·     Persamaan laju reaksi

·     Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Mengamati

·      Mengamati reaksi yang berjalan cepat dan reaksi yang berjalan lambat (contoh: bom atom, petasan, korosi)

·      Mengkaji berbagai informasi tentang laju reaksi, orde reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

 

Menanya

·         Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil observasi mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi yang cepat

·         Diskusi kelompok tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

·        Melakukan percobaan untuk menentukan orde reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, suhu, katalis, luas permukaan)

·        Menentukan orde reaksi berdasarkan interpretasi data

 

Mengasosiasi

·      Mengolah data hasil percobaan pada penentuan orde reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

·      Mengevaluasi hasil percobaan

·      Membuat kesimpulan hasil percobaan

 

Mengkomunikasikan

§  Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil percobaan

Tugas

·         Menyelesaikan soal-soal menghitung laju reaksi, tetapan laju reaksi, dan orde reaksi berdasarkan data-data yang diberikan

 

Observasi

·      Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

 

Portofolio

·     Laporan tertulis hasil eksperimen

·     Bahan presentasi kelompok

 

Tes

·         Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda

4 JP

· Buku teks pelajaran yang relevan

· Sumber belajar lain yang relevan

3.10 Menganalisis pembuatan berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita

4.9   Mengembangkan pembuatan berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita

Koloid:

·     Perbedaan larutan, suspense dan koloid

·     Klasifikasi sistem koloid

·     Sifat-sifat koloid

·     Koloid liofil dan koloid liofob

·     Pembuatan koloid

·     Kegunaan koloid

Mengamati

·      Mengamati contoh-contoh materi yang termasuk ke dalam sistem koloid, suspensi dan larutan

·      Mengkaji berbagai informasi tentang sistem koloid

 

 

Menanya

·      Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaanperbedaan koloid, suspensi dan larutan berdasarkan  sifat campuran, fasa dan ukuran partikelnya.

 

Mengeksplorasi/Eksperimen

·      Melakukan percobaan mengamati sifat koloid dalam berbagai larutan

 

Mengasosiasi

·   Menganalisis sifat-sifat dari sistem koloid yang dibuat

·   Mengevaluasi hasil percobaan

·   Membuat kesimpulan hasil percobaan

 

Mengkomunikasikan

·      Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan percobaan

 

Tugas

·         Membuat karya ilmiah tentang peranan koloid

 

 

Observasi

·         Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok

 

Portofolio

·     Laporan tertulis hasil percobaan

·     Bahan presentasi kelompok

 

Tes

§ Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda

6 JP

· Buku teks pelajaran yang relevan

· Sumber belajar lain yang relevan

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar