1.1 Bertambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas interaksi senyawa kimia di alam jagad raya sebagai wujud
kekuasaan Tuhan YME
1.2 Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan
dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
bekerja sama; proaktif; kreatif; inovatif) dan menghargai kerja
individu/kelompok dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap pada kegiatan ekplorasi/eksperimen
2.2 Menunjukkan sikap kritis; teliti; cermat dan konsisten dalam
menyajikan dan menafsirkan data
2.3 Menunjukkan sikap peduli dalam menjaga lingkungan (laboratorium
dan lingkungan sekitar) dan hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam
|
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis perubahan materi dan
pemisahan campuran
4.1 Melakukan pemisahan campuran melalui berbagai
eksperimen
|
Perubahan materi dan pemisahan campuran :
· Pengertian materi
· Wujud materi
· Sifat materi
· Perubahan materi
· Klasifikasi materi
· Pemisahan campuran
|
Mengamati
· Mengamati contoh-contoh
materi dan energi yang ada di lingkungan,
· Mengamati sifat dan perubahan-perubahan yang terjadi pada materi secara nyata.
· Mengkaji berbagai informasi
tentang materi, dan perubahannya
melalui berbagai sumber.
Menanya
· Siswa diberi kesempatan
mengajukan pertanyaan dari hasil pengamatan dan pengkajian informasi tentang materi
dan energi, sifat-sifat materi, dan
perubahan materi
· Diskusi kelompok tentang
materi dan energi, sifat-sifat materi, dan perubahan materi
· Diskusi kelompok tentang cara memisahkan
campuran
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Eksplorasi pemecahan
masalahyang terkait dengan penerapan
klasifikasi materi dari sifat dan perubahannya.
· Eksperimen untuk menguji terjadinya reaksi kimia
berdasarkan ciri-cirinya.
Mengasosiasi
· Mengumpulkan
data dan menyimpulkan hasil pengamatan/diskusi kelompok tentang sifat materi, perubahan
materi, dan pemisahan campuran
· Membedakan/mengklasifikasikan
materi berdasarkan wujud dan sifatnya
· Berlatih
membuat klasifikasi materi berdasarkan sifat dan perubahannya
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil pengamatan/diskusi kelompok.
|
Tugas
· Menyelesaikan masalah antara
lain tentang klasifikasi materi berdasarkan sifat materi dan perubahannya
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan
kegiatan presentasi kelompok dan eksperimen
Portofolio
· Bahan presentasi kelompok
· Alat dan bahan eksperimen
Tes
· Tes tertulis dalam
bentuk uraian dan pilihan
ganda
|
6JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
3.2 Menganalisis lambang unsur, rumus kimia dan persamaan reaksi
4.2 Mengintegrasikan penulisan lambang unsur dan
rumus kimia dengan persamaan reaksi kimia berdasarkan kasus-kasus dalam
kehidupan sehari-hari
|
lambang unsur, rumus kimia, Tata nama, dan
Persamaan Reaksi :
· lambang unsur
· Rumus kimia
· Tata nama senyawa
· Persamaan reaksi
|
Mengamati
· Mengkaji berbagai informasi
tentang lambang unsur, pengertian atom, ion dan molekul, pengelompokan
senyawa berdasarkan jumlah unsur,cara-cara menuliskan senyawa kimia dengan
menggunakan lambang unsur,rumus kimia, cara penulisan persamaan
reaksi, serta menuliskan nama-nama senyawa sederhana
Menanya
· Siswa diberi kesempatan
mengajukan pertanyaanyang berhubungan dengan lambang unsur, rumus kimia,
reaksi kimia, persamaan reaksi dan
tata nama senyawa.
· Diskusi kelompok tentang
lambang unsur, pengertian atom/molekul, atau cara-cara menuliskan senyawa
kimia dengan menggunakan lambang unsur,rumus kimia.
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Eksplorasi pemecahan
masalah secara individu/diskusi kelompok yang terkait dengan penerapan reaksi
kimia dan persamaan reaksi
Mengasosiasi
· Mengelompokan senyawa
molekul, senyawa ion dan senyawa unsur
· Berlatih membuat persamaan
reaksi
· Berlatih menuliskan
berbagai contoh lambang unsur, rumus kimia, tata
nama senyawa dan persamaan reaksi
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil pengamatan/diskusi tentang berbagai reaksi
kimia dan persamaan reaksi.
|
Tugas
· Menyelesaikan reaksi kimia
dari beberapa contoh lambang unsur dan rumus kimia
· Menyelesaikan penyetaraan persamaan reaksi
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan
kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi kelompok
Tes
· Tes tertulis bentuk uraian
dan pilihan ganda
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
3.3 Menganalisis struktur atom dan sifat-sifat unsur dalam sistem
periodik serta hubungannya dengan ikatan kimia
4.3 Mengintegrasikan proses pembentukan ikatan kimia
dalam kehidupan sehari-hari dengan elektron valensi atom-atom penyusunnya
|
Struktur atom, sistem periodik dan ikatan kimia:
· Struktur atom
· Sistem periodik unsur
· Sifat-sifat periodik unsur
· Ikatan kimia
· Ikatan ion
· Ikatan kovalen
· Ikatan kovalen koordinasi
· Ikatan logam
|
Mengamati
· Mengamati secara nyata
tentang atom dan struktur atom, sifat-sifat unsur, partikel penyusun atom,
simbol atom, isotop dan konfigurasi elektron, proses ionisasi dan afinitas
elektron,
· Mengkaji berbagai informasi
tentang perkembangan teori atom,pengertian struktur atom, sifat-sifat unsur
dalam sistem periodik, partikel penyusun atom, cara-cara menuliskan simbol
atom, isotop dan konfigurasi elektron, perkembangan pengelompokan unsur,
pengertian ionisasi dan afinitas elektron, kecendrungan kemiripan sifat
keperiodikan unsur (dalam tabel periodik) dan
hubungannya dengan ikatan kimia.
Menanya
· Siswa diberi kesempatan
mengajukan pertanyaan dari hasil pengamatan/
pengkajian yang berhubungan dengan struktur atom, dan sifat-sifat unsur
dalam sistem periodik,
komposisi atom dan ion, konfigurasi elektron serta ikatan kimia
· Diskusi secara kelompok
yang berhubungan dengan struktur atom, dan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Menganalisis sistem
periodik untuk menentukan letak unsur dalam sistem periodik melalui
konfigurasi elektron.
· Eksplorasi pemecahan
masalah terkait dengan struktur atom dan sifat-sifat unsur serta penulisan
konfigurasi elektron.
· Menganalisis proses pembentukan ikatan kimia
pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari-hari
Mengasosiasi
· Menganalisis perkembangan
teori atom dengan menggunakan gambar-gambar perkembangan model atom.
· Berlatih menuliskan simbol
atom, isotop dan konfigurasi elektron
· Menggambar proses pembentukan ikatan kimia
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan/menyajikan hasil analisis dan eksplorasi pemecahan
masalah
|
Tugas
· Menyelesaikan masalah
struktur atom dan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik
· Menentukan konfigurasi elektron dan elektron
valensi beberapa unsur
· menyelesaikan proses pembentukan ikatan kimia
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan
kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi kelompok
Tes
· Tes tertulis bentuk uraian
dan pilihan ganda
|
10 JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
3.4 Menerapkan hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia
(stoikimometri)
4.4 Menggunakan hukum-hukum dasar kimia untuk perhitungan kimia
|
Hukum dasar kimia:
· Hukum-hukum dasar kimia
· Perhitungan kimia
(stoikiometri)
· Hitungan kimia
|
Mengamati
· Mengamati/mengkaji berbagai
informasi tentang hukum-hukum dasar kimia (antara lain hukum Gay Lussac,
Hukum Boyle, hukum avogadro), konsep mol (pengertian Ar
dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa serta cara
menghitung Mr dari contoh senyawa yang diberikan) dalam perhitungan kimia (stoikiometri).
Menanya
· Siswa diberi kesempatan
mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan
hukum-hukum dasar kimia , konsep mol dan
perhitungan kimia.
· Diskusi kelompok tentang
kaitan antara hukum-hukum dasar kimia dan konsep mol dengan perhitungan kimia.
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Merancang dan melakukan
percobaan untuk membuktikan konsep mol dan hukum-hukum dasar kimia dalam
perhitungan kimia secara berkelompok
· Eksplorasi pemecahan
masalah terkait penerapan konsep mol dan hukum-hukum dasar kimia dalam
perhitungan kimia
Mengasosiasi
· Berlatih menghitung Mr dari
contoh senyawa yang diberikan
· Menganalogkan jumlah zat
berdasarkan satuannya
· Mendiskripsikan pengertian
mol sebagai satuan jumlah zat
· Berlatih menghitung volume
gas yang bereaksi atau volume gas hasil reaksi berdasarkan hukum Gay lussac
· Mengkorelasikan hubungan
antara volume gas dengan jumlah partikelnya pada keadaan yang sama
· Berlatih menurunkan
persamaan gas ideal
· Berlatih menentukan tekanan
volume dan temperatur suatu gas berdasarkan persamaan gas ideal
· Berlatih menentukan volume
atau jumlah reaktan dan produk dari suatu reaksi dengan menerapkan persamaan
reaksi, konsep mol, dan hukum-hukum dasar
kimia.
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil pembuktian konsep mol dan hukum-hukum dasar
kimia melalui percobaan/praktek
|
Tugas
· Menyelesaikan masalah
melalui percobaan/praktek pembuktian hukum-hukum dasar kimia,
konsep mol serta
penerapannya dalam perhitungan kimia
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan
kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi kelompok
Tes
· Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
8 JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
3.5 Menganalisis konsep pembuatan larutan dan
sifat-sifatnya
4.5 Membuat larutan dengan konsentrasi dan volume
tertentu
|
Larutan dan sifat-sifatnya:
· Pengertian larutan
· Konsentrasi larutan
· Sifat-sifat larutan
· Teori asam dan basa
· Sifat-sifat larutan asam dan basa
· Kekuatan asam dan basa
· Derajat keasaman larutan
· Perhitungan pH larutan asam dan basa
· Manfaat asam dan basa
|
Mengamati
· Mengamati berbagai jenis
larutan
· Mengkaji berbagai informasi
tentang berbagai jenis larutan, sifat koligatif larutan, asam-basa, hidrolisis
garam, kelarutan dan hasil kali kelarutan(Ksp)
Menanya
§ Siswa diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaantentang komponen larutan dari macam-macam larutan
yang diamati
§ Diskusi kelompok tentang
klasifikasi asam dan basa berdasarkan sifat ionisasinya
Mengeksplorasi/Eksperimen
§ Melakukan percobaan
identifikasi larutan asam-basa dengan menggunakan indikator (contoh: kertas
lakmus, indikator universal, pH meter)
§ Melakukan percobaan untuk
membuat larutan penyangga (jenis larutan penyangga yang dibuat dapat disesuaikan dengan kebutuhan Program
Keahlian masing-masing)
§ Melakukan percobaan untuk
menentukan hasil kali kelarutan serta memprediksi terbentuknya endapan dari
suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan
(Ksp)
§ Melakukan percobaan
pembuatan larutan dengan satuan konsentrasi tertentu (jenis larutan yang
dibuat dapat disesuaikan dengan
kebutuhan Program Keahlian masing-masing)
Mengasosiasi
·
Mengolah data hasil percobaan pada penentuan hasil kali kelarutan
·
Mengevaluasi hasil percobaan
·
Membuat kesimpulan hasil percobaan
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil percobaan
|
Tugas
· Menyelesaikan soal-soal
hasil kali kelarutan (Ksp)
· Menyelesaikan soal-soal
pembuatan larutan dengan berbagai konsentrasi
Observasi
Ceklist lembar pengamatan
kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Laporan tertulis hasil
percobaan
· Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
3.6 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Memecahkan masalah reaksi Oksidasi-reduksi dan
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
|
Reaksi redoks (Reduksi-Oksidasi):
· Reduksi dan Oksidasi (Redoks)
· Sel lektrokimia
· korosi
|
Mengamati
· Mengamati secara nyata
tentang reaksi kimia, jenis-jenis reaksi(reaksi reduksi,
reaksi oksidasi
dan bilangan oksidasi)
· Mengkaji berbagai informasi
tentang konsep reaksi kimia, jenis-jenis reaksi(reaksi oksidasi, reaksi
reduksi),bilangan oksidasi,penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan
penerimaan elektron, atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dalam
reaksi reduksi oksidasi, cara-cara penyetaraan persamaan reaksi reduksi
oksidasi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
(sel volta dan korosi besi)
Menanya
· Siswa diberi kesempatan
mengajukan pertanyaan tentang reaksi reduksi, reaksi oksidasi serta kaitan
antara jenis reaksi yang satu dengan jenis reaksi lainnya
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
· Diskusi kelompok tentang penerapan reaksi redoks
dalam kehidupan sehari-hari (sel volta dan korosi besi)
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Merancang dan melakukan
percobaan tentang pembuktian reaksi reduksi oksidasi
· Eksplorasi pemecahan
masalah terkait penerapan konsep reaksi kimia pada reaksi reduksi oksidasi.
Mengasosiasi
· Mengelompokan jenis reaksi reduksi oksidasi
· Menentukan bilangan
oksidasi dalam molekul atau senyawa ion
· Berlatih menyetarakan
persamaan reaksi reduksi oksidasi dengan prinsip pelepasan dan penerimaan
elektron atau peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan/menyajikan hasil pengamatan, latihan penyetaraan
persamaan reaksi reduksi oksidasi/diskusi kelompok tentang reaksi reduksi
oksidasi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
· Menyelesaikan masalah
penerapan konsep reaksi kimia pada reaksi redoks
Observasi
·
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Bahan presentasi kelompok
Tes
· Tes tertulis bentuk uraian atau
pilihan ganda
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
3.7 Menganalisis senyawa hidrokarbon
dan turunannya beserta kegunaannya dalam proses pengolahan pangan
4.7 Mengintegrasikan senyawa hidrokarbon dan
turunannya dalam proses pengolahan pangan
|
Hidrokarbon dan turunannya:
· Senyawa karbon
· Senyawa hidrokarbon
· Senyawa turunan hidrokarbon
|
Mengamati
· Mengamati keunikan
senyawa karbon, hidrokarbon dan keisomerannya dengan melakukan demonstrasi
· Mengkaji berbagai informasi
tentang sifat fisis hidrokarbon, serta hidrokarbon dan
turunnya dalam kehidupan sehari-hari
Menanya
· Siswa diberi kesempatan
mengajukan pertanyaan dari hasil pengamatan keunikan
senyawa karbon, hidrokarbon dan keisomerannya
· Diskusi secara kelompok
dari hasil pengamatan tentang hidrokarbon dan turunannya dalam kehidupan
sehari-hari
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Merancang dan melakukan
percobaan menggunakan molymod tentang keunikan senyawa
karbon, hidrokarbon dan keisomerannya
· Eksplorasi pemecahan
masalah terkait dampak yang ditimbulkan dari pembakaran bahan
bakar fosil
Mengasosiasi
· Mengumpulkan data dan
menyimpulkan hasil demonstrasi
· Mengumpulkan dan menyimpulkan tentang
penggunakan hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari serta dampat pembakaran
bahan bakar fosil
Mengkomunikasikan
·
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
|
Tugas
·
Membuat karya ilmiah tentang kegunaan senyawa
hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan
kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Laporan tertulis hasil pengamatan
· Bahan presentasi kelompok
Tes
· Tes tertulis bentuk uraian dan/atau
pilihan ganda
|
8 JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
3.8 Menganalisis senyawa makromolekul
(karbohidrat, protein, dan lipid) dalam proses pengolahan pangan
4.8 Mengintegrasikan sifat-sifat senyawa makromolekul (karbohidrat, protein, dan lipid) dalam proses
pengolahan pangan
|
Makromolekul:
·
Karbohidrat
·
Protein
·
Lemak
|
Mengamati
·
Mengamati contoh-contoh makanan dalam
kehidupan sehari-hari yang
termasuk ke dalam golongan karbohidrat, protein, dan lemak
·
Mengamati struktur
guloksa, fruktosan dan galaktosa
·
Mengkaji berbagai informasi tentang makromolekul
Menanya
· Siswa diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan tentang makromolekul yang meliputi karbohidrat,
protein dan lemak yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Melakukan percobaan uji
protein dan sifat-sifat lemak dalam makanan dan minuman
Mengasosiasi
·
Menganalisis keberadaan ikatan peptida protein dalam makanan
atau minuman
·
Mengevaluasi hasil percobaan
·
Membuat kesimpulan hasil percobaan
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan percobaan
|
Tugas
·
Membuat karya ilmiah tentang peranan
makromolekul dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
·
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Laporan tertulis hasil
percobaan
· Bahan presentasi kelompok
Tes
§ Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
3.9 Mengevaluasi laju reaksi berdasarkan faktor-faktor
yang mempengaruhinya
4.9 Mengintegrasikan antara
laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
|
Laju Reaksi Kimia:
· Prasyarat reaksi kimia
· Persamaan laju reaksi
· Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
|
Mengamati
·
Mengamati reaksi yang berjalan cepat dan reaksi yang
berjalan lambat (contoh: bom atom, petasan, korosi)
·
Mengkaji berbagai informasi tentang laju reaksi, orde
reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Menanya
·
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil observasi mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi yang cepat
·
Diskusi kelompok tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Melakukan percobaan untuk menentukan orde reaksi dan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, suhu, katalis, luas
permukaan)
·
Menentukan orde reaksi berdasarkan interpretasi data
Mengasosiasi
·
Mengolah data hasil percobaan pada penentuan orde
reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
·
Mengevaluasi hasil percobaan
·
Membuat kesimpulan hasil percobaan
Mengkomunikasikan
§ Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil percobaan
|
Tugas
·
Menyelesaikan soal-soal menghitung laju reaksi, tetapan
laju reaksi, dan orde reaksi berdasarkan data-data yang diberikan
Observasi
· Ceklist lembar pengamatan
kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Laporan tertulis hasil
eksperimen
· Bahan presentasi kelompok
Tes
·
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
3.10 Menganalisis pembuatan berbagai sistem koloid dengan
bahan-bahan yang ada di sekitar kita
4.9 Mengembangkan pembuatan
berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita
|
Koloid:
· Perbedaan larutan, suspense dan koloid
· Klasifikasi sistem koloid
· Sifat-sifat koloid
· Koloid liofil dan koloid liofob
· Pembuatan koloid
· Kegunaan koloid
|
Mengamati
·
Mengamati contoh-contoh materi yang termasuk ke dalam
sistem koloid, suspensi dan larutan
·
Mengkaji berbagai informasi tentang sistem koloid
Menanya
· Siswa diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaanperbedaan koloid, suspensi dan larutan
berdasarkan sifat campuran, fasa dan
ukuran partikelnya.
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Melakukan percobaan mengamati
sifat koloid dalam berbagai larutan
Mengasosiasi
·
Menganalisis sifat-sifat dari sistem koloid yang dibuat
·
Mengevaluasi hasil percobaan
·
Membuat kesimpulan hasil percobaan
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan percobaan
|
Tugas
·
Membuat karya ilmiah tentang peranan koloid
Observasi
·
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
· Laporan tertulis hasil
percobaan
· Bahan presentasi kelompok
Tes
§ Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran yang relevan
·
Sumber belajar lain yang relevan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar